TUGAS 1 (Judul, Kerangka Skripsi dan 5 Teori Pembanding)
- Nama : Heas Priyo Wicaksono
- No.Reg : 5215131492
- Prodi : S1 - Pendidikan Teknik Elektronika (Reguler)
- Kode MK : 5206 (Hari Rabu, Jam ke-2)
MEMBUAT KRANGKA KARANGAN SKRIPSI
EVALUASI SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN
STUDI PENELITIAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK
DI WILAYAH JAKARTA TIMUR
Kerangka Karangan Skripsi
BAB I
PENDAHULUAN
. A. Latar Belakang Masalah
B. Indentifikasi Masalah
C. Pembatasan Masalah
D. Perumusan Masalah
E. Tujuan Penelitian
F. Kegunaan Penelitian
BAB II
KERANGKA TEORITIS DAN KERANGKA BERPIKIR
A. Kerangka Teoritis
1. Sarana dan Prasarana
a. Sarana Pendidikan
1) Alat Pelajaran
2) Alat Peraga
3) Media Pendidikan
b. Prasarana Pendidikan
1) Standar Sarana dan Prasarana Pendidikan
2) Ruang Pembelajaran
3) Ruang Penunjang
4) Ruang Pembelajaran Khusus
2. Evaluasi
a. Pengertian Evaluasi
b. Tujuan Evaluasi
c. Fungsi Evaluasi
d. Prosedur Evaluasi
3. Teknik Instalasi Tenaga Listrik
a. Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik
b. Tujuan Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga listrik
B. Kerangka Berpikir
BAB III
METEDOLOGI PENELITIAN
A. Tujuan Penelitian
B. Tempat dan Waktu Penelitian
C. Metode Penelitian
D. Populasi, Sempel dan teknik Pengambilan Sempel
1. Populasi Penelitian
2. Sempel Penelitian
3. Teknik Prngambilan Sempel Penelitian
E. Teknik Pengumpulan Data
1. Observasi
2. Dokumentasi
F. Teknik Analisa Data
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi Data
B. Hasil Temuan Penelitian
1. Luas Lahan Sekolah
2. Prasarana Ruang Pembelajaran Umum
3. Prasarana Ruang Penunjang
4. Prasarana Ruang Pembelajaran Khusus
5. Sarana Ruang Pembelajaran Umum
6. Sarana Ruang Penunjang
7. Sarana Ruang Pembelajaran Khusus
C. Perhitungan Hasil Temuan penelitian
1. Luas Lahan Sekolah
2. Prasarana Ruang Pembelajaran Umum
3. Prasarana Ruang Penunjang
4. Prasarana Ruang Pembelajaran Khusus
5. Sarana Ruang Pembelajaran Umum
6. Sarana Ruang Penunjang
7. Sarana Ruang Pembelajaran Khusus
D. Mutu Pembelajaran
E. Pembahasan Hasil Temuan
BAB V
KESIMPULAN, IMPLIKASI, DAN SARAN
A. Kesimpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA
Komentar :
Komentar/pendapat saya terhadap isi skripsi :Skripsi ini ditulis untuk membuat evaluasi terhadap Sekolah Menengah Kejuruan terhadap program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Dengan adanya penelitian tentang hal tersebut dapat membantu sekolah-sekolah khususnya di Wilayah Jakarta Timur. Semoga dengan adanya penelitian ini akan menjadikan mutu pendidikan semakin meningkat.
Pembanding Artikel untuk Skripsi yang di Telaah
Judul Skripsi :
MEMBUAT KRANGKA KARANGAN SKRIPSI
STUDI PENELITIAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK
DI WILAYAH JAKARTA TIMUR
Kerangka Karangan Skripsi
BAB I
PENDAHULUAN
. A. Latar Belakang Masalah
B. Indentifikasi Masalah
C. Pembatasan Masalah
B. Indentifikasi Masalah
C. Pembatasan Masalah
D. Perumusan Masalah
E. Tujuan Penelitian
E. Tujuan Penelitian
F. Kegunaan Penelitian
BAB II
KERANGKA TEORITIS DAN KERANGKA BERPIKIR
A. Kerangka Teoritis
1. Sarana dan Prasarana
a. Sarana Pendidikan
1) Alat Pelajaran
2) Alat Peraga
3) Media Pendidikan
b. Prasarana Pendidikan
1) Standar Sarana dan Prasarana Pendidikan
2) Ruang Pembelajaran
3) Ruang Penunjang
4) Ruang Pembelajaran Khusus
2. Evaluasi
a. Pengertian Evaluasi
b. Tujuan Evaluasi
c. Fungsi Evaluasi
d. Prosedur Evaluasi
3. Teknik Instalasi Tenaga Listrik
a. Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik
b. Tujuan Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga listrik
B. Kerangka Berpikir
BAB II
KERANGKA TEORITIS DAN KERANGKA BERPIKIR
A. Kerangka Teoritis
1. Sarana dan Prasarana
a. Sarana Pendidikan
1) Alat Pelajaran
2) Alat Peraga
3) Media Pendidikan
b. Prasarana Pendidikan
1) Standar Sarana dan Prasarana Pendidikan
2) Ruang Pembelajaran
3) Ruang Penunjang
4) Ruang Pembelajaran Khusus
2. Evaluasi
a. Pengertian Evaluasi
b. Tujuan Evaluasi
c. Fungsi Evaluasi
d. Prosedur Evaluasi
3. Teknik Instalasi Tenaga Listrik
a. Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik
b. Tujuan Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga listrik
B. Kerangka Berpikir
BAB III
METEDOLOGI PENELITIAN
A. Tujuan Penelitian
B. Tempat dan Waktu Penelitian
C. Metode Penelitian
D. Populasi, Sempel dan teknik Pengambilan Sempel
1. Populasi Penelitian
2. Sempel Penelitian
3. Teknik Prngambilan Sempel Penelitian
E. Teknik Pengumpulan Data
1. Observasi
2. Dokumentasi
F. Teknik Analisa Data
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi Data
B. Hasil Temuan Penelitian
1. Luas Lahan Sekolah
2. Prasarana Ruang Pembelajaran Umum
3. Prasarana Ruang Penunjang
4. Prasarana Ruang Pembelajaran Khusus
5. Sarana Ruang Pembelajaran Umum
6. Sarana Ruang Penunjang
7. Sarana Ruang Pembelajaran Khusus
C. Perhitungan Hasil Temuan penelitian
1. Luas Lahan Sekolah
2. Prasarana Ruang Pembelajaran Umum
3. Prasarana Ruang Penunjang
4. Prasarana Ruang Pembelajaran Khusus
5. Sarana Ruang Pembelajaran Umum
6. Sarana Ruang Penunjang
7. Sarana Ruang Pembelajaran Khusus
D. Mutu Pembelajaran
E. Pembahasan Hasil Temuan
BAB V
KESIMPULAN, IMPLIKASI, DAN SARAN
A. Kesimpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA
Komentar :
Komentar/pendapat saya terhadap isi skripsi :Skripsi ini ditulis untuk membuat evaluasi terhadap Sekolah Menengah Kejuruan terhadap program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Dengan adanya penelitian tentang hal tersebut dapat membantu sekolah-sekolah khususnya di Wilayah Jakarta Timur. Semoga dengan adanya penelitian ini akan menjadikan mutu pendidikan semakin meningkat.
Pembanding Artikel untuk Skripsi yang di Telaah
Judul Skripsi :
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR
MERAWAT PERALATAN RUMAH TANGGA LISTRIK
DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) MENGGUNAKAN MEDIA E-LERNING BERBASIS JOOMLA
(SUATU STUDI KASUS DI KELAS X TITL SMK KARYA GUNA JAKARTA)
Skripsi
Belajar merupakan tindakan dan perilaku siswa yang kompleks. Sebagai tindakan, maka belajar hanya dialami oleh siswa sendiri. Siswa adalah penentu terjadinya atau tidak terjadinya proses belajar. Proses belajar terjadi berkat siswa memperoleh sesuatu yang ada dilingkungan sekitar. Lingkungan yang dipelajari oleh siswa berupa keadaan alam, benda-benda, hewan, tumbuh-tumbuhan, manusia, atau hal-hal yang dijadikan bahan belajar. Tindakan belajar tentang suatu hal tersebut tampak sebagai perilaku belajar yang tampak dari luar.
Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran (Jakarta: Rineka Cipta, 2006), h. 7
Artikel Pembanding :
Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Menurut teori ini dalam belajar yang penting adalah input yang berupa stimulus dan output yang berupa respon. Seterika listrik adalah peralatan listrik rumah tangga yang digolongkan dalam peralatan pemanas berdaya rendah. Memiliki fungsi mengubah energi listrik menjadi energi panas.
http://id.wikipedia.org/wiki/Belajar (Diakses pada tanggal 27 Februari 2014 pukul 9.11 WIB)
Skripsi
Media pembelajaran adalah sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan atau menyampaikan pesan dengan tujuan pendidikan dan pembelajaran.
Latuheru. Jhon, Media Pembelajaran. (Departemen Pendidikan, Jakarta:1998), h. 13
Artikel Pembanding
Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Batasan ini cukup luas dan mendalam mencakup pengertian sumber, lingkungan, manusia dan metode yang dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran / pelatihan.
http://belajarpsikologi.com/pengertian-media-pembelajaran/. (Diakses pada tanggal 27 Februari pukul 9.14 WIB)
Skripsi
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berfokus pada kelas atau pada proses belajar mengajar yang terjadi di kelas, bukan pada input kelas (silabus, materi, dan lain-lain) ataupun output (hasil belajar). PTK harus tertuju atau mengenai hal-hal yang terjadi di dalam kelas.
Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi, Penelitian Tindakan Kelas.(Bumi Aksara, 2010), h.58
Artikel Pembanding
Penelitian Tindakan Kelas adalah penelitian praktis yang dimaksudkan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan salah satu upaya guru atau praktisi dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki dan atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas.
http://id.wikipedia.org/wiki/Penelitian_tindakan_kelas. (Diakses pada tanggal 27 Februari 2014 pukul 9.19 WIB)
Skripsi
Perawatan adalah suatu usaha yang dilakukan secara sengaja dan sistematis terhadap peralatan hingga mencapai hasil/kondisi yang dapat diterima dan diinginkan.
Priowirjanto Gator, Perawatan dan Perbaikan Peralatan Listrik Rumah tangga, (Jakarta, 2003) h. 1
Artikel Pembanding
Perawatan adalah kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan, mem¬pertahankan, dan mengembalikan peralatan dalam kondisi yang baik dan siap pakai. Dalam kaitannya dengan perawatan peralatan laboratorium, perawatan dimaksudkan sebagai usaha preventif atau pencegahan agar peralatan tidak rusak atau tetap terjaga dalam kondisi baik, siap beroperasi. Disamping itu perawatan juga dimaksudkan sebagai upaya untuk menyetel atau memperbaiki kembali peralatan laboratorium yang sudah terlanjur rusak atau kurang layak sehingga siap digunakan untuk kegiatan praktikum para siswa.
http://ekapakketu.blogspot.com/2011/07/perawatan-dan-pemeliharaan-peralatan.html. (Diakses pada tanggal 27 Februari pukul 9.28 WIB)
Skripsi
Belajar merupakan tindakan dan perilaku siswa yang kompleks. Sebagai tindakan, maka belajar hanya dialami oleh siswa sendiri. Siswa adalah penentu terjadinya atau tidak terjadinya proses belajar. Proses belajar terjadi berkat siswa memperoleh sesuatu yang ada dilingkungan sekitar. Lingkungan yang dipelajari oleh siswa berupa keadaan alam, benda-benda, hewan, tumbuh-tumbuhan, manusia, atau hal-hal yang dijadikan bahan belajar. Tindakan belajar tentang suatu hal tersebut tampak sebagai perilaku belajar yang tampak dari luar.
Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran (Jakarta: Rineka Cipta, 2006), h. 7
Artikel Pembanding :
Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Menurut teori ini dalam belajar yang penting adalah input yang berupa stimulus dan output yang berupa respon. Seterika listrik adalah peralatan listrik rumah tangga yang digolongkan dalam peralatan pemanas berdaya rendah. Memiliki fungsi mengubah energi listrik menjadi energi panas.
http://id.wikipedia.org/wiki/Belajar (Diakses pada tanggal 27 Februari 2014 pukul 9.11 WIB)
Skripsi
Media pembelajaran adalah sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan atau menyampaikan pesan dengan tujuan pendidikan dan pembelajaran.
Latuheru. Jhon, Media Pembelajaran. (Departemen Pendidikan, Jakarta:1998), h. 13
Artikel Pembanding
Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Batasan ini cukup luas dan mendalam mencakup pengertian sumber, lingkungan, manusia dan metode yang dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran / pelatihan.
http://belajarpsikologi.com/pengertian-media-pembelajaran/. (Diakses pada tanggal 27 Februari pukul 9.14 WIB)
Skripsi
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berfokus pada kelas atau pada proses belajar mengajar yang terjadi di kelas, bukan pada input kelas (silabus, materi, dan lain-lain) ataupun output (hasil belajar). PTK harus tertuju atau mengenai hal-hal yang terjadi di dalam kelas.
Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi, Penelitian Tindakan Kelas.(Bumi Aksara, 2010), h.58
Artikel Pembanding
Penelitian Tindakan Kelas adalah penelitian praktis yang dimaksudkan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan salah satu upaya guru atau praktisi dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki dan atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas.
http://id.wikipedia.org/wiki/Penelitian_tindakan_kelas. (Diakses pada tanggal 27 Februari 2014 pukul 9.19 WIB)
Skripsi
Perawatan adalah suatu usaha yang dilakukan secara sengaja dan sistematis terhadap peralatan hingga mencapai hasil/kondisi yang dapat diterima dan diinginkan.
Priowirjanto Gator, Perawatan dan Perbaikan Peralatan Listrik Rumah tangga, (Jakarta, 2003) h. 1
Artikel Pembanding
Perawatan adalah kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan, mem¬pertahankan, dan mengembalikan peralatan dalam kondisi yang baik dan siap pakai. Dalam kaitannya dengan perawatan peralatan laboratorium, perawatan dimaksudkan sebagai usaha preventif atau pencegahan agar peralatan tidak rusak atau tetap terjaga dalam kondisi baik, siap beroperasi. Disamping itu perawatan juga dimaksudkan sebagai upaya untuk menyetel atau memperbaiki kembali peralatan laboratorium yang sudah terlanjur rusak atau kurang layak sehingga siap digunakan untuk kegiatan praktikum para siswa.
http://ekapakketu.blogspot.com/2011/07/perawatan-dan-pemeliharaan-peralatan.html. (Diakses pada tanggal 27 Februari pukul 9.28 WIB)
0 comments:
Post a Comment